Selasa, 21 Oktober 2014

Tugas Ke-2 Softskill Kewirausahaan

Pembahasan saya pada tugas ke-2 untuk mata kuliah softskill Kewirausahaan yaitu mengenai wawancara ke tempat usaha yang berada di lingkungan sekitar. Saya telah melakukan wawancara ke usaha sate ayam yang berada di daerah Tangerang Selatan.

Tempat usaha tersebut diberi nama sate madura Mas Kardi, sesuai dengan nama pemilik usaha tersebut. Mas Kardi mulai beroperasi untuk berjualan sate dari jam 16.00 sampai dengan pukul 21.00. Mas Kardi memulai membuka usaha sate sejak tahun 2012 dan sejak dahulu berjualan di daerah Tangerang Selatan dan lokasinya tidak jauh dari tempat beliau tinggal.

Mas Kardi tidak hanya menjual sate ayam, tetapi menjual sop kambing serta sate kambing. Tempat usaha sate madura Mas Kardi terkenal kelezatan dari daging ayam dan kambing yang empuk, serta rasa sop kambing yang menggugah selera. Maka tidak heran bahwa tempat Mas Kardi tidak pernah sepi dari pembeli.

Setiap harinya Mas Kardi menyediakan sate ayam sebanyak 300 tusuk, sate kambing 100 tusuk, lontong 100 buah serta satu panci berukuran besar yang berisikan sop kambing. Omset yang dihasilkan Mas Kardi yaitu Rp 800.000 per harinya. Terkadang dalam sehari tidak mencapai omset sebesar nilai tersebut. Namun Mas Kardi tetap berusaha agar usaha yang kini dijalaninya selalu lancar. Mas Kardi menambahkan setiap harinya rata-rata konsumen membeli sate ayam beserta lontong maupun nasi, bahkan ada yang hanya membeli sate ayamnya. “Hal tersebut biasa ya, semua tergantung selera konsumen. Maka dari itu saya tidak menyediakan stok sate kambing dan sop kambing dalam jumlah banyak, kecuali jika ada pesanan nah baru saya tambahkan.”, ujar pria berusia 40 tahun tersebut.

Setiap harinya Mas Kardi dibantu oleh dua orang pekerja yang dimana merupakan keponakan beliau. Menurut Mas Kardi, disaat banyak pembeli membuatnya kesusahan untuk mengelola sekaligus melayani pembeli. Harga satu porsi sate ayam berisi 10 tusuk yaitu Rp 15.000, jika menggunakan lontong atau nasi menjadi Rp 17.000. Harga satu porsi sate kambing yaitu Rp 18.000, sedangkan sop kambing yaitu Rp 10.000.

Wirausaha sate madura Mas Kardi terinspirasi dari kecintaannya pada sate dengan kuah kacang yang gurih dan lezat, sehingga Mas Kardi mulai mencoba. Mas Kardi tidak pernah mengeluh jika dalam satu hari sate dan sop tersebut tidak habis terjual. Jika tidak habis, beliau memberikannya kepada keluarga, keponakan serta orang kurang mampu di sekitarnya untuk dapat dikonsumsi. Mas Kardi tidak khawatir jika akan mengalami kerugian, karena bagi beliau segala sesuatu yang dijalani dengan ikhlas, bersungguh-sungguh serta selalu berdoa, maka berkah dari Allah SWT akan selalu ada. Selain itu, Mas Kardi mengungkapkan jangan pernah takut apabila mengalami kerugiam dalam menjalani usaha, sesungguhnya kegagalan adalah awal menuju gerbang kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar